no fucking license
Bookmark

Motivasi Meraih Sukses Kuliah Tanpa Gelar Sarjana

Motivasi Meraih Sukses Kuliah Tanpa Gelar Sarjana

 

Sukses - Hai kawan, kembali dengan kami. Kali ini kita akan membahas bagaimana meraih kesuksesan tanpa gelar sarjana, tentu hal ini bukan lah hal yang berat selama kita masih bisa untuk keluar dari Zona Nyaman dan niat, usaha serta tidak lupa diiringi dengan doa.



Pertama - Ya, pertama kali kita harus tahu terlebih dahulu. Sebenarnya, apa definisi sukses menurut kita ? Dalam kamus "sukses" itu di artikan sebagai "berhasil" atau "beruntung". Jadi jika kita mendefinisikannya secara mendalam kesuksesan itu berarti suatu keberhasilan atau keberuntungan. Perlu kita ingat dan juga tidak perlu minder terhadap teman-teman kita yang mampu secara finansial untuk melanjutkan di perguruan tinggi maupun kuliah. Perlu digaris bawahi, bahwa "Sukses itu bukan suatu tujuan akhir dengan kualitas seadanya dan menghalalkan segala cara untuk mencapainya, tetapi sebagai suatu proses yang harus di lakukan setahap demi setahap, dan hari demi hari ." Berikut beberapa pendapat tentang definisi sukses :

1. Sukses menurut Thomas Edision, ilmuwan dan pemilik 1.000 hak paten memiliki etos kerja yang keras. Ia bekerja 72 jam. Jadi wajar jika definisi sukses sama dengan ambisius. Menurutnya sukses adalah 1% inspirasi dan 99% keringat.

2. Sukses menurut Politikus Inggris (Winston Churcil), mengatakan bahwa sukses adalah keras hati. Karir politik Churchill berlangsung pada masa-masa sulit di era kebangkitan militer Hitler. Tak heran jika definis sukses menurutnya adalah kegagalan-kegagalan tanpa kehilangan antusiasme.

3. Sukses menurut Steve Jobs, Kreativitas hanya menghubungkan hal-hal. Ketika anda meminta orang-orang kreatif menjelaskan bagaimana mereka melakukan sesuatu, mereka merasa sedikit bersalah karena mereka tidak benar-benar melakukannya; mereka hanya melihat sesuatu. Tampaknya jelas bagi mereka setelah beberapa saat. (Membantu orang lain agar menumbuhkan kreativitas Mereka)

Jadi, Menurut anda apakah sukses itu ? 

Kedua - Berikut adalah tokoh-tokoh dunia tanpa gelar sarjana yang mampu menginspirasi kita agar kita lebih percaya terhadap kemampuan kita sendiri. 

1. Michael Dell - Pendiri perusahaan komputer Dell, Inc Dia menciptakan salah satu perusahaan komputer yang paling menguntungkan di dunia dengan penjualan tahunan sampai $ 50 miliar dolar Amerika. Dell juga menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan daftar posisi ke-4 dalam daftar Forbes kaya Amerika pada tahun 2005 dengan estimasi senilai $ 18 miliar. 

2. Steve Jobs, Seorang tokoh bisnis dan penemu dari Amerika Serikat. Ia adalah pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc. Jobs juga sebelumnya menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios; ia menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006, setelah pengambilan alih Pixar oleh Disney. Namanya dicantumkan sebagai produser eksekutif dalam film Toy Story tahun 1995. 

3. Lawrence Ellison, Yang membangun karirnya sebagai seorang ahli data system. Terinspirasi dari paper karya Edgar F. Codd, mengenai database system yang berjudul “Relational Model of Data for Large Shared Data Banks” pada tahun 1977 Lawrence Ellison lalu sukses sebagai pendiri Oracle. Dan oracle sendiri adalah perusahaan terbesar didunia di dunia saat ini. Apakah ia mempunyai gelar akademik di Universitas ? Tidak. Lawrence Ellison memilih drop out dari Unniversity Illionis.

Tokoh diindonesia pun juga ada, diantaranya:

1. Bob Sadino, Sudah tidak asing lagi kita mendengarnya. Sukses didunia usaha tanpa sebuah ijazah. Beliau tidak kuliah tapi malah menghabiskan harta warisan keluarganya untuk berkeliling dunia kemudian bekerja di Belanda selama 9 tahun. Lalu beliau kembali ke Indonesia dan mulai untuk berwirausaha.

2. Purdi E. Chandra, Kenal dengan beliau ? ya pengusaha pemilik bimbingan Primagama. Saya pernah mengikuti Seminar Enterpreuner beliau ketika disolo pada 14 Agustus 2018 yang ke angkatan berapa lupa saya. Beliau juga bercerita tentang berhasilnya di dunia usaha, tetapi keberhasilannya juga tidak adanya ijazah Universitas. Beliau pernah mengenyam Pendidikan Tinggi di UGM dan IKIP Yogyakarta dengan 4 jurusan berbeda. Dan juga menyampaikan materi-materi dari pengalamannya sendiri dari memulai hingga berhasil seperti saat ini.

3. Andrie Wongso, Berasal dari Kota Malang, ia adalah pengusaha yang sukses juga. Dan sekarang berprofesi sebagai motivator. Ia pun tidak tamat berpendidikan Sekolah Dasar, karena sekolahnya ditutup. Berasal dari keluarga miskin sehingga harus membantu keluarganya untuk berjualan kue ke pasar dan toko-toko.

Bagaimana sobat, Sudahkah diri kita termotivasi. Jika anda berprinsip semua akan indah pada waktunya, eits, sampai kapan emang waktunya ? hehe. Penulis mengingatkan pada diri sendiri dan kepada pembaca mari kita ubah prinsip itu menjadi yang menabur yang akan menuai. 

Semoga bisa bermanfaat, dan menjadi motivasi bagi diri saya sendiri dan pembaca. Sekian terimakasih sudah mampir.
2 komentar

2 komentar

Silahkan memberi tanggapan yang membangun
  • Miko Smartblogger
    Miko Smartblogger
    26 Maret, 2019 12:05
    Mantap bang..
    Intinya ga cuma niatan sukses aja, tapi diiringi usaha juga.
    Reply
  • Aris Armunanto
    Aris Armunanto
    26 Maret, 2019 00:13
    Kalau membaca kisah orang2 sukses sebenarnya polanya sama, baik yg punya gelar sarjana maupun tidak yaitu sama2 pekerja keras
    Reply